Advertisement

Responsive Advertisement

Ketupat Glabed dan Ketupat Bongkok Kuliner asli dari Tegal

Ketupat Glabed dan Ketupat Bongkok Kuliner asli dari Tegal

hay smua pada lapar ga ni Ada kuliner khas Tegal yang wajib dicoba, yaitu Ketupat Glabed dan Ketupat Bongkok.
*Ketupat/kupat glabed
sate-blengong11.jpg
Adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed! Ha.ha lucu ya.. Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang. Warung yang menjadi favorit adalah di depan Stasiun Besar Kota Tegal atau d daesah tegal sari.

*Kupat Bongkok
1293686226detail-jinus-98.jpg
Kupat Bongkok yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, seberang kantor PLN adalah ketupat sayur khas yang berasal dari Desa Bongkok, di sebelah Timur kota Tegal yaitu tmptnya dekat dengan kemantran. Kupat Bongkok memakai lontong, ditaburi tauge rebus, sambal goreng yang dibuat dari krupuk mi, lalu disiram dengan kari tempe yang berkuah, dan diberi topping kecap manis. Tempenya adalah tempe semangit, yaitu transisi antara tempe dan tempe busuk. Tempe disimpan selama dua hari sebelum dimasak dengan bumbu kari tanpa santan. Rasanya memang sangat khas. Karena itu jangan heran, sekalipun warungnya di bawah pohon di pinggir jalan, pelanggannya datang dengan mobil mewah. Kebanyakan penjual Kupat Bongkok yang lain masih mendorong gerobak dagangannya keluar- masuk kampung. .selamat mencoba kuliner asli tegal.. Sumber : info tegal

Posting Komentar

4 Komentar

  1. selamat pagi. Numpang lewat sejenak ya, mau jalan2 dulu:mrgreen:

    BalasHapus
  2. hmm........
    (ngiler mode ON)

    BalasHapus
  3. mas blom bisa down l8 Januari 2014 pukul 15.36

    mas blom bisa down lodnya gmn seh makulm. dan klu masuk U tube pasti minta email dan passtlg dongdi jelasin cara ambil video dari utubetks .

    BalasHapus